News

Takaran tawas dan kapur gamping untuk penjernih air

14 Oktober 2011

Tawas dan kapur gamping sudah dikenal luas oleh masyarakat dengan berbagai manfaatnya, antara lain adalah untuk bahan untuk penjernih air sistem pengendapan.

Mari kita bahas satu persatu :

- Tawas
Tawas (alumunium sulfat) berfungsi untuk mengikat pertikel dalam air hingga menggumpal dan mengendap ke dasar. Tawas yang ada dipasaran umumnya berbentuk bubuk putih dan ada yang masih berbentuk bongkahan besar. Untuk proses penjernihan air sebaiknya menggunakan tawas yang telah berbentuk bubuk.

Tawas ini efektif untuk menjernihkan air dan proses pengendapannya pun lebih cepat daripada menggunakan kapur gamping. Pada awal pencampuran di air tidak menyebabkan air berwarna putih susu sebagaimana jika menggunakan kapur gamping.

Tawas banyak dijual di toko bangunan, toko kimia ataupun toko besi di kota anda. Biasanya dijual kiloan dengan kisaran harga Rp 2.500 - Rp 5.000 / kg.

Takaran tawas untuk penjernih air
Takaran tawas berbeda beda dan harus disesuaikan dengan kondisi air yang akan dijernihkan. Untuk air yang sedikit keruh, tidak merah/kuning, tidak berlumpur takarannya 3 sendok makan / 1000 liter air.

Untuk air yang keruh, kuning / merah dan banyak endapan takaran tawasnya 5 sendok makan / 1000 liter air.

Cara penggunaan tawas
Campurkan tawas ke dalam ember berisi air +/- 5 liter, aduk rata lalu masukkan kedalam bak penampungan / tandon air, aduk rata dan  biarkan minimal 6 jam hingga kotoran mengendap dan air menjadi jernih.


- Kapur Gamping
Kapur gamping sudah banyak dipergunakan untuk penjernih air, campuran adukan semen dan pasir, dll. Untuk penjernih air kapur gamping ini selain berfungsi untuk pengendapan juga dapat menaikkan PH air menjadi standar. Untuk diketahui, standar PH air minum antara 6,5 - 8,5. Jadi jika PH air awalnya 3,0 setelah diberi kapur gamping PH akan naik menjadi standar.

Kapur gamping banyak dijual di toko bangunan, toko kimia maupun di pasar. Umumnya dijual dengan harga Rp 2.500 - Rp 4.000 / kg.

Takaran kapur gamping untuk penjernih air
Sama seperti tawas, takaran kapur gamping berbeda beda dan harus disesuaikan dengan kondisi air yang akan dijernihkan. Untuk air yang sedikit keruh takarannya 3 sendok makan / 1000 liter air. Dan untuk air yang keruh dan kuning/ merah takarannya 5 sendok makan / 1000 liter air.

Cara penggunaan kapur gamping
Sama seperti tawas (lihat diatas)

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah masalah pembersihan endapan yang ada di dasar bak penampungan / tandon. Masa pembersihan tidak bisa ditentukan, tergantung dari kekeruhan air dan banyaknya endapan di dasar bak penampungan. Umumnya bak dibersihkan 3 bulan sekali atau bahkan 1 minggu sekali, sekali lagi tergantung ketebalan endapan. Semakin sering dibersihkan tentunya semakin bagus...

Bak penampungan / tandon wajib dibersihkan secara rutin, karena berdasarkan pengamatan di lapangan, endapan kotoran yang ada di dasar bak penampungan jika terbawa keluar dan airnya digunakan untuk mandi dapat menyebabkan penyakit kulit dan gatal gatal. Pernah saya menemui belasan anak, remaja dan orang tua di suatu asrama mengalami gatal gatal di badan dan terutama di bagian kaki hingga tampak bentol merah bahkan (maaf) membentuk koreng.

Tetapi jangan khawatir, tawas dan kapur gamping adalah bahan yang paling aman untuk penjernih air, asalkan bak penampungan sering dibersihkan untuk membuang kotoran yang mengendap.

Keterangan :
- Takaran penggunaan tawas dan kapur gamping tidak mengikat, takaran di atas bisa saja berubah menyesuaikan dengan masalah air yang dialami.

- Kapur gamping dan tawas tidak dapat digunakan untuk menjernihkan air yang asin dan berminyak. Dengan kata lain air bisa saja jernih tetapi minyak dan asinnya akan tetap ada / berasa.

- Karena fungsinya hampir sama, tidak dianjurkan menggunakan kapur gamping dan tawas secara bersamaan. Gunakan salah satunya saja.

--
Untuk pilihan filter air PAM atau air sumur bor, lihat di saringan air





Baca juga
  » 13 April 2014
Cara menjernihkan air dalam sumur bor/ sumur gali
Dijernihkan langsung di dalam sumur...

  » 29 September 2012
Bisakah kita menebak kualitas air bawah tanah sebelum di bor ?
Sebuah ulasan...

  » 9 Desember 2011
Pelatihan penyaringan air payau menjadi air bersih siap minum
Skala kecil. Sebaiknya anda tahu...

  » 16 Oktober 2011
Takaran dan fungsi kaporit untuk penjernih air
Berikut fungsi dan takarannya...

  » 5 Mei 2011
Pentingnya Aerasi untuk air sumur bor
Banyak sekali manfaat aerasi untuk sumur bor...