News

Bisakah kita menebak kualitas air bawah tanah sebelum di bor ?

29 September 2012

Pak Yusuf, saya baru saja mengebor air dirumah saya dengan kedalaman 30 meter, tetapi kok airnya merah ya ? padahal tepat disebelah rumah saya juga mengebor dengan kedalaman yang sama (30 meter) tetapi airnya jernih. Kira kira apa yang salah dan gimana solusinya pak ?

Pertanyaan diatas cukup sering ditanyakan orang yang berkonsultasi dengan saya via telepon dari berbagai kota di Indonesia.

Terus terang bidang saya adalah pengolahan air (water treatment) dan bukan ahli sumur bor. Tetapi saya sejak dulu sering mengamati pekerjaan kawan kawan saya yang ahli sumur bor. Jadi jawaban saya adalah berdasarkan apa yang saya lihat dan amati.

Dari hasil pengamatan saya bahwa kondisi air bawah tanah berbeda beda walaupun jarak antar lubang sumur bor berdekatan. Maksudnya begini, jika di rumah anda memiliki halaman sekitar 5 x 5 meter persegi kemudian di halaman tsb di bor 3 titik dengan kedalaman yang sama (misalnya 30 mtr, 50 mtr atau berapapun), maka ke 3 titik tsb hasil airnya berbeda beda !.

- Titik A : Airnya merah, keruh dan berbau
- Titik B : Airnya keruh, agak berbau
- Titik C : Airnya jernih, tidak berbau

Tetapi apakah dari ketiga titik tsb salah satunya pasti bagus ?

Tidak juga....

Bisa jadi ketiga titik airnya jelek semua, bagus semua ataupun berbeda beda (ada titik yang bagus dan ada titik yang jelek).

Kemudian pertanyaan berikutnya:

Bagaimana jika dengan kedalaman 30 meter tsb hasil airnya keruh, merah/kuning, berbau, kemudian sumur bor tsb diperdalam lagi hingga 80 meter. Apakah semakin dalam pengeboran hasil airnya PASTI akan bagus ? Jawabannya: BELUM TENTU dan masih bersifat spekulatif ! Bisa jadi semakin bagus ataupun semakin jelek/lebih parah dari kedalaman 30 meter.

Kembali ke pertanyaan di judul tulisan ini: "Bisakah kita menebak kualitas air bawah tanah sebelum di bor ?" jawabannya adalah: TIDAK BISA ! Kualitas air hanya akan diketahui secara pasti jika pengeboran telah dilakukan.

Lalu, bagaimana jika ada ahli sumur bor yang mampu memberi garansi bahwa air yang akan keluar (sebelum pengeboran dilakukan) hasilnya pasti bagus ? Ya silahkan saja, bagus, anda yang akan diuntungkan. Dengan konsekuensi jika air yang keluar tidak bagus maka ahli sumur bornya tidak akan dibayar sepeserpun, hehehehe...

Bagi ahli sumur bor yang telah berpengalaman, selain menggunakan alat (alat tradisional ataupun modern) untuk mendeteksi ada atau tidaknya air bawah tanah, ahli sumur bor juga menggunakan ketajaman feeling. Juga untuk menebak kualitas air bawah tanah bagus atau tidak juga menggunakan ketajaman feeling. Ahli sumur bor lokal biasanya memiliki feeling yang lebih tajam jika pengeboran dilakukan di wilayahnya sendiri (kota/kabupaten tempat ahli tsb biasa mengebor).

Bagaimana jika hasil pengeboran tsb hasil airnya jernih dan tidak berbau? Ya Alhamdulillah...

Jika hasilnya merah/kuning/keruh/berbau, yang bisa dilakukan adalah :

1. Lakukan pengurasan air sumur bor tsb. Maksudnya adalah setelah pengeboran buanglah air tsb 6 jam setiap hari selama 1 bulan. Lihat hasilnya, biasanya airnya semakin jernih...

2. Jika poin 1 hasilnya tidak ada perubahan sama sekali, perdalam sumur bor tsb hingga 60 atau 80 meter (ingat! ini adalah tindakan spekulasi...). Jika hasilnya semakin bagus, ya alhamduillah...

3. Jika poin 1 dan 2 hasil airnya tidak ada perubahan atau bahkan tambah parah, lakukan tindakan sbb:

- Penjernihan sederhana sistem pengendapan, yakni menggunakan 3 sendok makan tawas/ 1000 liter air. Masukkan ke dalam tangki penampungan air, aduk rata, diamkan selama 8-12 jam hingga mengendap sempurna.

Selain tawas bisa juga menggunakan 3 sendok makan kapur gamping/ 1000 liter air. Atau juga menggunakan PAC (bubuk/cair) sebanyak 3 sendok makan/ 1000 liter air, diamkan hingga mengendap sempurna. Selengkapnya baca: Tawas dan kapur gamping penjernih air

- Penjernihan sederhana sistem penyaringan, yakni membuat penyaringan sederhana menggunakan batu kerikil, ijuk, dll. Cara membuat penyaringan sederhana ini banyak tutorialnya di internet.

Demikian dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk pengunjung sekalian...



Baca juga
  » 13 April 2014
Cara menjernihkan air dalam sumur bor/ sumur gali
Dijernihkan langsung di dalam sumur...

  » 9 Desember 2011
Pelatihan penyaringan air payau menjadi air bersih siap minum
Skala kecil. Sebaiknya anda tahu...

  » 16 Oktober 2011
Takaran dan fungsi kaporit untuk penjernih air
Berikut fungsi dan takarannya...

  » 14 Oktober 2011
Takaran tawas dan kapur gamping untuk penjernih air
Penjernih air sederhana sistem pengendapan...

  » 5 Mei 2011
Pentingnya Aerasi untuk air sumur bor
Banyak sekali manfaat aerasi untuk sumur bor...